ANAK DESA MASUK ISTANA PART 6

Desember 20, 2017 13 komentar

BENER NGGAK SIH??
(Misteri Istana yang Sulit Terpecahkan)



Salah satu sudut Istana.
Pernah lihat di TV kan waktu PILPRES?


Manusia itu ada dua macam
  1. Manusia yang membuat kisah pribadinya, dengan kepuasan diri sendiri
  2. Manusia yang mencetak sejarah dengan tujuan melayani seluruh manusia

Aku ingin menjadi jenis manusia yang kedua, Aku tak hanya ingin menyusuri Istana Negara ini dengan tujuan hanya untuk selfie dan upload sana sini. TIDAK! Aku sebenarnya hanya ingin mengatakan kepada diriku sendiri bahwa “Ria..Kau telah mencetak sejarahmu!!, yang bahkan guru-guru dan dosenku pun iri padamu!" Guruku menganggap Aku telah melampauinya, namun dengan santun kukatakan “Tidak Bu, Pak! Ini semua adalah bukti keberhasilan seorang guru, ketika muridnya bisa selangkah lebih berani untuk maju.
***
Ketika masuk ke dalam Istana, Jantungku terasa berdebar kencang. Rasanya Aku adalah bagian dari tempat ini, sering bermain ditempat ini dan akan tinggal disini. Ketika naik dan berfoto di podium yang biasanya dipakai ketika PILPRES, Aku merasa sangat percaya diri dan berani. Merasa seperti menjadi calon presiden..hehe.. Tapi!naik di atas podium itu membuatku mulai berpikir besar. Sebab aktor sejarah lahir karena kebesaran pikiran mereka (The Great Idea), kekuatan besar mereka (The great power) dan kinerja besarnya (The great Performance). Aku juga berpikir, Kita harus berubah! Mengubah energi menjadi cahaya, mengubah kegelapan menjadi kecemerlangan. Lebih dari sekedar jalan-jalan! Aku menemukan motivasi terbesarku di Istana ini. 

Salah satu yang membuatku bertambah semangat adalah melihat jajaran presiden yang pertama sampai ketujuh, yang dipajang di samping podium tersebut. Soekarno adalah sosok yang pantang menyerah membakar semangat juang meraih kemerdekaan. Presiden Soeharto dengan kebijaksanaan dan keberaniannya, Habibi dengan kejeniusannya, Gusdur dengan sifat jenaka nan-cerdasnya, Megawati dengan keberhasilannya menjadi presiden wanita pertama di Indonesia, SBY dengan dua periodenya, dan sekarang Pak Jokowi dengan keunikannya.

Saat duduk bersama jajaran presiden yang pernah menjabat di Indonesia, walau mereka dalam sebuah bingkai foto namun rasa perjuangan beliau seperti ada dalam ruangan ini. Terdengar jelas!

***
Kenapa unik?

  1. Presiden jokowi adalah orang yang sederhana, merakyat dan sangat murah senyum kepada siapapun. Salah satunya adalah ketika di Lombok, Pak Jokowi langsung turun dari mobilnya hanya untuk bersalaman dengan masyarakat Lombok NTB. Sungguh! Masyarakat tidak percaya Pak Jokowi bisa seberani dan sekeren itu..hehe. Anak muda yang menceritakan kisa ini padaku, terlihat sangat masih mengingat kejadian tersebut.. Betapa sederhananya seorang presiden, saat bertemu masyarakat seperti bertemu keluarga yang sudah lama ditinggal merantau. “Itulah kesan pertama masyarakat NTB ketika mengingat kejadian tersebut.

    Presiden Jokowi tidak pernah menolak untuk bersalaman dengan siapapun

  2. Sosial Genius ; beliau memliki kejeniusan sosial. Misalnya saat memberikan anak-anak atau remaja sepeda ketika berhasil menjawab pertanyaan dari beliau. Bahkan para artis, orang tua, anak pesantren pun turut ingin mendapatkan sepeda dari Pak Jokowi. Sebenarnya itu adalah bentuk dari kejeniusan sosial yang jarang orang miliki, dan salah satu orang beruntung tersebut adalah Pak Jokowi.
    Kebahagiaan Raisa ketika dapat sepeda dari Presiden Jokowi
  3. Baju! Pernah tidak kalian perhatikan baju Presiden Jokowi? Yupss biasanya hanya menggunakan baju putih dan celana kain hitam. Pak Kardi (Staf Khusus Presiden) juga menceritakan bahwa Pak Jokowi sangat anti dengan barang-barang ya mahal. “Pernah suatu hari, Pak Jokowi menjahit pakaian disalah satu tukang jahit terbaik di Indonesia. Selang beberapa hari setelah melakukan pengukuran baju, akhirnya barang tersebut pun datang. Ketika itu barang itu mahal, Pak jokowi pun hanya melihat lengan baju tersebut dan berakata “BAGUS”. Walaupun demikian, Pak Jokowi tidak menggunakannya. Beliau mengatakan bahwa baju itu teralu bagus untuk beliu pergunakan! Alhasil baju itu hanya menjadi pajangan. Apalagi pas beli jas, beliau selalu membeli yang paling murah dengan kainnya yang cukup kaku.” Ungkap Pak Kardi ketika acara FGD.
    Baju putih sederhana adalah ciri khas Bapak Presiden

  4. Pak Jokowi adalah intisari yang mewarisi sifat dan sikap presiden sebelumnya. Mewarisi sifat pantang menyerah Ir Soekarno, bijak seperti Pak Soeharto, Sosial Genius seperti Habibi, JJ(Jenius Jenaka) seperti Gusdur, terkadang tegas seperti Ibu Megawati, dan mewarisi sifat tenang dari SBY.

Pak Jokowi dengan keunikannya, membuat semua orang menyukainya

                Ini serius dan bukan pencitraan! Kalian mungkin menganggap Aku terlalu berlebihan! TIMSES atau apapun itu! Namun, terlepas dari itu, Aku hanya menceritakan apa yang Aku dengar dan lihat selama di Istana Negara. Kalian tidak akan tau kalau belum ke Istana Presiden dan bertemu Sang penjaga rahasia Presiden (Pak Sukardi Rinakit) hehe. 
***


Sore menjelang malam, mebuatku harus menghentikan perjalananku menyusuri istana yang memang akhir tahun ini sedang dilakukan renovasi. Taman dan drainase pun sudah diperbaiki, menambah indah Istana megah ini. Itu adalah bukti bahwa Pak Jokowi adalah seorang pencinta lingkungan hidup (Sepertinya harus ditambah menjadi point 5..hehe) 

Saat istana direnovasi

Aku pun berjalan dibelakang Tim Komunikasi presiden sambil memperhatikan foto-foto yang ku ambil saat di dalam istana. Tiba-tiba aku terkejut dengan kalimat dari salah seorang Tim Komunikasi Presiden yang mengatakan bahwa “Siapa saja yang pernah menginjakkan kaki disini, pasti akan menjadi orang penting di negeri ini.” Aku langsung tersentak dan menyanyakan perihal kebenaran kalimat tersebut. Bapak itu pun terus mengulang-ulang kalimat itu dan jawabannya tetap sama. Aku berpikir “Bener Nggak Sih??” Padahal lebih dari itu, Aku sangat bahagia ketika mendengar kalimat itu lagi dan lagi. Sungguh itu adalah misteri yang belum terpecahkan sekarang.


***

Banyak yang tidak tau bahwa Aku bercita-cita menjadi menteri sosial. Walaupun Aku jurusan Akuntansi, namun kesenanganku pada bidang-bidang sosial masyarakat menjadikanku bermimpi suatu hari nanti bisa menjadi seorang menteri sosial. Akupun lebih banyak ikut dalam lomba-lomba yang berbau sosial dan ikut organisasi sosial. Sehingga ketika kalimat itu kudengar, Aku sangat bahagia dan mengaminkan. Walaupun sampai sekarang Aku masih bertanya "BENER NGGAK SIH" Anak desa bisa menjadi bagian keluarga Istana? Sungguh misteri istana yang sulit dipecahkan. Apakah kau bisa membantuku menjawabnya? hehe

Saat Aku berharap kalimat itu nyata

Nantikan Part Selanjutnya ya.. Semoga terus memotivasi kita semua..

Share Share Tweet Share

13 thoughts on "ANAK DESA MASUK ISTANA PART 6"

avatar

seru banget sih bisa masuk ke dalam :((

avatar

Masya Allah ukhti. Semoga ilmumu berkah dan menjadi pahala jariahmu. Aamiin

avatar

Semoga impian menjadi menteri sosialnya ria terkabul...dan saya menteri keungannya, juniornya bu Sri Mulyani :)
Hehe...terus berkarya, semangat!!!!

avatar

Aamiin ya Allah.. Kita sama-sama jadi menteri di kabinet Pak Jokowi ya :)

avatar

Aduh asiknya bisa foto-foto di istana, Kala itu kami tidak bisa karena hujan. jadi cukup di lobi Kemensekneg aja.

Salam kenal mbak. Yuk singgah ke http://kidalnarsis.blogspot.co.id/

avatar

alhamdulillah ya bisa sampai ke dalam istana hihihi
mudah2an ada kesempatan dan umur panjang untuk kembali lagi ke istana ya

avatar

Wihhh mantapp,pen juga ke istana

avatar

Wihhh mantapp,pen juga ke istana

avatar

deskripsi presidennya pas Pak Sby "SBY dengan dua periodenya"
..........

LEAVE A REPLY