ANAK DESA MASUK ISTANA PART 8

Januari 02, 2018 2 komentar

MAAFKAN AKU MONAS

(Efek Jadi Mahasiswa Zaman Now)

By Ria Mawaddah
___

       Siapa sih yang nggak tau monas??? Monumen yang paling terkenal sebagai salah satu ciri khas dari kota Jakarta.. Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Jakarta, Jakarta Pusat. 

(https://id.wikipedia.org/wiki/Monumen_Nasional)

        Aku pun tak ingin ketinggalan untuk mengunjugi Monas. Malam itu, aku bersama Pak Habib dan keponakannya pergi menggunkan Grab menuju monas. Pasti kalian bertanya, kemana dua Blogger lainnya. Mbak Maya dan Mbak Hany tidak ikut bersama kami, Mbak Maya pusing karena tidak pernah minum kopi..hehe dan Mbak Hany pergi reuni bersama teman kuliahnya di salah satu Mall di Jakarta pusat.

***

       Aku dan Pak Habib mencari jalan masuk ke dalam monas, tapi gerbang terdekat dari monas tutup. Akhirnya kita berjalan cukup jauh melewati gerai-gerai pakaian grosir, tas, toko oleh-oleh dan makanan-makanan yang baunya menyengat hidungku. Setelah sampai di monas, kami sangat sibuk, super sibuk, super duper sibuk dah.. hehe.. Eitss Tau nggak kita sibuk apa? Kita sibuk bagaimana cara berfose yang pas dan bisa membuat foto seolah olah kita memegang ujung monas. Yang paling sibuk ketika itu adalah Pak Habib, berkali-kali mencoba tidak menemukan titik terang,,hehe. Hampir tiga HP yang kita pakai agar foto kita terlihat seperti menyentuh monas dan tingkat kecerahan yang pas (Maklum kita pergi malam-malam). Setelah beberapa abad berlalu..hehe Kita akhirnya berhasil mendapatkan foto yang bisa dibilang “Rumayan Gagal”hehe..

Aku dan monas

Pak Habib dan Monas


***


     Monas dibuat untuk menjadi sebuh monumen yang bisa diziarahi dan dilihat peninggalan di dalamnya. Namun Aku kebalikannya. Niat awal ke Monas hanya untuk memfotokan teman-temanku namanya ketika Aku dimonas. Hehe.. (maklum, kids zaman now). Setelah dipikir-pikir! Aku merasa bersalah pada monas, sudah memperlakukannya seperti ini, kusakiti, kuhianati (Ckck..Lebay). Tapi serius! Aku ingin ke Jakarta lagi dan ingin meminta maaf pada monas! Tapi gimana cara jabat tangannya ya (hemmm). Tapi aku punya cara lain untuk meminta maaf, yaitu dengan cara memuat puisi untuk Monas.

MAAFKAN AKU MONAS
Kau adalah monument sejarah
Tempat semua berkunjung untuk ziarah
Tempat untuk melepas lelah
Tempat untuk mengenang pahlawan yang berjuang tanpa lelah

 Maafkan Aku Monas
Yang hanya datang untuk selfi dan bergaya kekinian masa kini
Maafkan Aku Monas
Tidak melihatmu lebih dekat dengan tegap berdiri

Jika kudiberikan kesempatan kedua
Aku ingin menaikimu hingga ujung sana
Melihat Jakarta metropolitan yang indah nan memesona
Melihat Indonesia tumpah darah kita.

      Tapi Eitss, bukan hanya kita yang kekinian foto-foto narsis sama monas. Pak Presiden aja suka banget fotoan sama monas. Pokoknya presiden kita yang satu ini kekinian buuangget deh,, hehe. Monas menjadi saksi sejarah, mulai dari kampanye Pak jokowi sampai beliau terpilih menjadi presiden. Siapa sih yang nggak cinta dengan pemimpin yang menjadikan monumen nasional tetap menjadi sejarah. Bukan hanya bagi Indonesia tapi bagi diri kita sendiri. Pak Jokowi telah membuktikan bahwa monas menjadi sejarah dalam hidupnya. Wahh,, makin merasa bersalah nih,, sama monas., <<Maafin Ria ya Monas :)


Pak Jokowi dan Monas


Tunggu Part 9 ya.. Semoga bisa dirampungkan karena Ria masih UAS.
Doakan UAS-Nya Lancar..
SEMANGAT Untuk kita semua..


Share Share Tweet Share

2 thoughts on "ANAK DESA MASUK ISTANA PART 8"

avatar

jago ya buat puisi, aseli ane jadi pengen bisa buat puisi. mantep beuts sista ini ^_^
keren

LEAVE A REPLY