APA KABAR IP???

Februari 06, 2018 0 komentar

Tidak terasa UAS sudah berlalu, dan sekarang  pasti kalian lagi asyik-asyiknya liburan?? Tapi eitts..walaupun lagi libur, pasti teman-teman masih dag dig dug mikirin nilai kan?? Hehe. Apa nilai teman-teman udah keluar?? Gimana hasilnya? Apa”A”semua? Atau campur-campur??hehe kayak gado-gado aja. Dan yang paling penting, Apa kabar IP kalian ? naik? Atau turun?  Berapa nih IP teman-teman? Wahh..Pasti 4,00 ya?? Atau 3,5? 3,6?3,7? Wahh, kepoo!!

***
Pertanyaan tentang IP memang hal yang sangat sensitif bagi mahasiswa, apalagi mahasiswa semester akhir. Bahkan ada seorang kating (Kakak tingkat) mengatakan bahwa IP adalah aurat, nggak boleh dilihat katanya… Ada juga yang kalau ditanya pada kabur, ada yang senyum-seyum, dan ada juga yang percaya diri. Tergantung jumlah IP-nya sih.. kalau bagus,, pasti bakalan senang kalau ditanya, sebagai ekspresi kebahagiaan dan mungkin motivasi bagi temannya yang lain. Begitupun sebaliknya.

Hmm..Ria Wajib ucapin selamat bagi kalian yang IP-nya di atas 3,0! Tandanya kalian sudah memberikan yang terbaik yang kalian bisa! Untuk yang IP-nya dibawah 3,0! Ria juga ucapkan selamat! Karena kalian sudah mau berusaha dan bekerja keras. Kalian nggak boleh rendah diri walaupun IP kalian rendah! Kalian bukan orang bodoh! Bukan pecundang atau pemalas! Kalian hanya harus lebih berusaha lagi.


mostresource.org
Analisis Ria selama 3 semester kuliah, teman-teman yang IP-nya dibawah 3,0 bukanlah orang yang lemah atau bodoh. Kadang mereka hanya kurang beruntung, mungkin saat UAS mereka lagi sakit, atau mendapatkan dosen yang kurang pas. Kalau bahasa anak kuliahan sih, “Dosen Killer” hehe. Ada juga yang mungkin karena lembar jawabannya tidak ada/ hilang, apalagi saat mata kuliah yang menggunakan komputer. Lebih parah lagi kalau sistem belajarnya SKS (Sitem Kebut Semalam).
***
Okey! Kita tidak usah fokus pada masa lalu! Ibaratkan masa kelam itu sebagai anak panah yang ketika ditarik kebelakang akan melesat ke depan. Walaupun sekarang kita berada di belakang, mungkin tandanya Allah ingin menarik kita agar bisa terbang lebih jauh, hingga menembus batasan yang ada dalam diri kita. Ingat! Jika masalah kita sebesar kapal Nabi Nuh, maka kasih sayang Allah seluas lautan.



Bangkit dari kegagalan itu bukanlah soal omongan belaka, atau tentang tekad yang sementara. Tapi tentang konsistensi dan strategi yang nyata. Bukan hanya bagi yang IP-nya rendah, tapi juga bagi kalian yang punya kewajiban menjaga IP agar terus meningkat atau minimal bisa stabil. Jadi, bagi kalian yang mau bangkit lagi! Mau berusaha lagi! Mau IP-nya baik lagi! Wajib simak nih tips-tips mendapatkan IP 4,00 atau minimal di atas 3,5.

1.      CERMATI KONTRAK KULIAH

Dosen biasanya memiliki proporsi di U1 (tugas) U2 (UTS) dan U3 (UAS) yang berbeda-beda. Maka tugas pertama kalian adalah mencermati dengan baik kontrak perkuliahan di awal perkuliahan. Kadang ada dosen yang lebih melihat nilai tugas dan ada juga yang berpatok pada UAS. Maka kontrak kuliah harus kalian hapalkan! Kalau bisa jadi Wallpaper di HP kalian. Jangan segan untuk bertanya tentang kontrak kuliah ini di dosen kalian juga ya.




2.      MILIKI MANAJEMEN WAKTU YANG BAIK

Allah memberikan 24 Jam yang sama bagi semua manusia, namun Allah memberikan kemampuan yang berbeda dalam memanfaatkannya. Siapa yang bisa mengatur waktunya dengan baik, dia akan menjadi manusia yang mulia dan sebaliknya.
“Tapi kak..Aku anak organisasi, aktivis kampus, susah ngatur waktunya.”
Jangan takut IP kalian jelek karena organisasi. Dan jangan salahkan organisasi jika nilai kalian anjlok. Sebenarnya ikut organisasi itu lebih mempermudah kalian mendapat IP 4. Kenapa? Karena di organisasi kalian akan menemukan kakak-kakak tingkat yang bisa bimbing kalian untuk belajar. Menemukan teman-teman yang membuat kalian semangat dan tentunya dapat berkomunikasi dengan baik ketika sudah wisuda nanti. Aku teringat kata-kata ketika seminar motivasi dulu “Akademik itu totalitas, dan organisasi itu royalitas”. Maka seimbangkanlah kedua hal tersebut.



Banyak kok anak organisatoris yang IP-nya 4. Salah satunya adalah Kak Azizah, mahasiswi jurusan PGSD yang sudah 2 kali dapat IP 4. Keren kan?? Beliau menuturkan bahwa jika ingin dapat IP 4 harus ikut organisasi. Beliau bercerita bahwa pernah ketika sedang ujian ditanya mengenai konsep organisasi, dan kak Azizah menjawab dengan pengalamannya menjadi panitia di PRIMA (salah satu UKM kece di UNRAM). Dan siapa sangka, jawaban kak Azizah sangat tepat dan jawaban itulah yang diinginkan dosennya



Lalu? Bagaimana mengatur proporsionalitas waktu antara kuliah dan organisasi? Gampang aja..Misal nih satu semester ada 6 bulan, maka bulan 1-4 kita gunakan untuk berorganisi, dan gunakan bulan 5-6 untuk fokus dengan bidang akademik. Dengan begitu, kita akan memiliki soft skill dan hard skill yang memadai. Eitss,, kamu juga harus bisa memilih organisasi yang membuat kamu bisa berkembang. Misalnya bagi kalian yang anak UNRAM bisa ikut Forum Kajian Ekonomi Islam (FoKEI),  PRIMA, argUMent, LDK atau HMJ. Itu saran aja sih..hehe, ingat juga pilihlah oraganisasi yang sesuai pashion kalian dan bisa membuat kalian lebih semangat berprestasi dan tentunya yang membuat semakin dekat dengan Ilahi. 

3.      DATANGLAH 30 MENIT SEBELUM KULIAH 



Waktu 30 menit sebelum perkuliahan adalah waktu ketika otak sedang segar-segarnya untuk menerima ilmu yang disampaikan oleh dosen pengampu. Sedangkan, mahasiswa yang datangnya terlambat, mengalami masa relaks otak yang cenderung kacau, sehingga berdampak pada saat penerimaan materi kuliah yang disampaikan dosen. Apalagi kalau sebelum dosen datang, kalian menyempatkan diri untuk shalat duha atau mengaji. Dijamin deh! Otak kalian bakalan encer!
4.      THE POWER OF TWO HOUR
Gunakan 2 jam waktumu untuk mengulang materi kuliah. Cara belajarnya adalah: kalian harus menggunakan 30 menit pertama untuk membaca materi yang didapat paginya; 30 menit kedua untuk mencatat kembali hal-hal yang dipelajari; 30 menit ketiga membuat soal sendiri dari yang telah dipelajari, 10 menit untuk menjawab soal-soal tersebut, kemudian 20 menit terakhir bisa kamu gunakan untuk mereview kembali hasil belajarmu, entah itu dengan mencatat hal-hal yang belum kamu kuasai atau membuat rangkuman.
Hipwee

Cara itu Ria dapat di internet sih,,hehe. Kalau Ria biasanya ngulang pelajaran seminggu sekali. Karena setiap hari ada tugas yang deadline.. hehe. Jadi, sesuaikan juga dengan kondisi teman-teman juga ya.. Tapi.. cara di atas sangat cocok untuk ditiru.
5.      ANGKAT TANGAN



Haha! Kalian nggak di grebek polisi kok..wkwk! Maksudnya, ketika dosen bilang “Ada yang mau bertanya” kalian wajib angkat tangan! Walaupun belum ada pertanyaan yang kalian ajukan! Niatkan bertanya bukan untuk “cari muka” ke dosen, niatkan untuk melatih kemampuan kalian bertanya dan berpikir kritis juga ya.
6.      PERBANYAK DISKUSI



Bagi kalian yang IP-nya tinggi. Jadilah padi. Yang semakin tinggi semakin merunduk. Tetaplah berdiskusi dengan teman dan dosen untuk menambah khazanah pengetahuan kalian atau sekedar mengulang pelajaran. Ingat! Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

7.      MAKE  DREAMS

Jadi IP 4 sebagai salah satu impian kalian! Temeplkan ke dinding/ kalau bisa jadikan itu sebagai status di media sosial kalian! Supaya banyak yang mendoakan. Cara ini akan membuat semangat kalian terpacu. Kekuatan kata-kata kadang kalah dengan sebuah tulisan kecil di dinding. Mulailah ukir impian kalian dalam goresan pena.


 

8.      CARILAH SOAL-SOAL TAHUN SEBELUMNYA



Soal tahun sebelumnya dapat kalian jadikan Patokan untuk menganalisis soal-soal yang mungkin akan dikeluarkan dosen. Jangan Cuma lihat soalnya aja ya,! Cari juga jawabannya ya..hehe

 

9.      BERDOA


Muslim.or.id

Jalan terakhir setelah berusaha adalah Berdoa. Terutama doa orang tua dan orang-orang shaleh. Ingat 80% keberhasilan itu ditetukan oleh doa, 15% usaha dan 5% interaksi. 

10.  PUTUSIN PACAR KALIAN

Kaget ya? Kok mutusin pacar jadi cara yang terakhir? Apalagi yang masih MABA (Mahasiswa Baru) dan lagi terkena VMJ (Virus Merah Jambu) pasti sock berat.. hehe.
Yups kalau mau IP 4 putusin pacar kalian! Ria tidak mengatakan bahwa pacaran itu membuat bodoh, tapi pacaran adalah awal dari pembodohan diri. Kok bisa? Ok kita ambil contoh :
            Misal nih si Gagah sama si Inges adalah sejoli yang lagi dimabuk asmara, dan kebetulan mereka sekelas. Pas belajar mereka nggak konsen karena kepikiran terus, suka bicara pas dosen nerangin di depan, dan terkadang si Gagah nggak bisa ekspos dirinya di depan kelas karena malu sama si Inges.
Suatu hari, pas ada tugas pengantar Akuntansi, si Gagah belajar sama si Imut, marahlah si Inges. Karena nggak mau lihat pacarnya sama yang lain, si Inges menyuruh si Gagah nggak belajar lagi sama si Imut. Padahal si Gagah perlu banget bimbingan dari si Imut yang sudah mahir akuntansi. Dan parahnya malam-malam pas mau belajar buat UAS, si Inges nge-chat terus, sampai si Gagah gagal belajar! Besoknya ngantuk di kelas dan dikeluarin dosen karena ketahuan nyontek! Ujungnya IP si Gagah Anjlok!




Ahh Ria..Cuma lihat dari sisi negatifnya! Ada kok yang pacaran tapi IP-nya baik-baik aja, bahkan bisa cumlaude! Niatnya kan saling memotivasi. Ok, kalian benar!!, tapi kemungkinan kasus seperti itu sangat langka. Mungkin 2 dari 10 orang yang bisa mengalami hal tersebut. Itupun karena didukung manajemen waktu yang baik dan bagaimana mereka berhubungan secara sehat, No Baper dan tidak ada hubungan sebelum nikah.
Tapi tetap aja pacaran tidak Ria anjurkan! Apalagi bagi kalian yang masih MABA! Terlalu lama sedih, baper, kepikiran dia terus, ndak konsen belajar, sibuk jalan-jalan, buat dia bahagia, ujung-ujungnya sakitnya di kalian. Khususnya para wanita! Toh belum tentu dia jodoh kita! Kayak pengalaman aja ya.. hehe
Kamu pengen punya prestasi kan? Pengen IP 4 kan? Pengen lihat orang tua bangga kan? So, Putusin deh pacar kalian sekarang juga! Karena cara-cara di atas nggak balakan bisa maksimal kalau kalian masih prioritaskan pacar kalian! Gimana doa mau di Kabul kalau kita masih ngibulin Allah dengan pacaran???



Bismillah! Niatkan karena Allah! InsyaAllah Allah akan mendatangkan yang lebih baik atau mendatangkan dia kembali di waktu yang tepat! Bisa jadi IP kalian turun karena Allah cemburu kalian terlalu sayang sama dia, hingga lupa shalat dan ngelawan orang tua! Maka memutuskan untuk berhenti pacaran adalah langkah yang tepat untuk meraih cinta Allah kembali. Kalau Allah udah Cinta.. Apa sih yang nggak mungkin? IP sih gampang!Udah siap putusin pacar kalian? Semoga Allah memudahkan ya :). Ingat! Jika kita menjadi orang yang sukses siapa sih yang nggak mau sama kita? Santai aja :)


Note : Dan yang nggak kalah penting adalah untuk teman-teman yang baru putus cinta alias di putusin! Kalau panggilanya sihh.. jomblo fisabilillah! Jangan khawatir! Karena dibalik orang yang suskes, ada mantan yang kecewa. Jangan sedih karena ditinggal dia, Please! Move on!terus belajar dan tingkatkan IP kalian. Buktikan kalian bisa.

Ingat proses! dan save kejujuran kalian saat ujian juga ya :)

“Saat ini kita berada pada era meritokrasi, era dimana prestasi kita yang menentukan adalah kita sendiri, bukan orang tua, kolega ataupun kedaerahan. Jangan menyerah dan jangan mau kalah! Akupun bukan Mahasiswi dengan IP 4, Aku sama seperti kalian, berusaha untuk meraihnya. Tips-tips di atas saya dapatkan dari kak Azizah (kakak dengan IP 4), dari video di you tube hingga hasil berselancar di mbah google. Semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Mianhe :) SEMANGAT!


O ya..Buat kalian yang sudah melakukan 10 cara ajaib di atas, namun belum juga mendapat IP 4. Itu berarti Allah masih mau melihat kalian lebih berusaha lagi, Allah ingin melihat tangisan kalian, rindu akan doa-doa kalian. IP jangan membuat hidup kita lemah dan tak berdaya, Toh, itu hanya nilai yang ditulis manusia, tidak menentukan hidup kita. Ria Sangat terkejut ketika mendegar ada salah seorang teman yang sampai dirawat di rumah sakit karena IP-nya anjlok. Sampai ada yang memutuskan silaturrahmi dan menjadi individualis. Ingat kawan! yang terpenting adalah usaha! maka hasil akan mengikuti. Tetap jaga hubungan baik dengan teman dan dosen, terutama hubungan baik dengan orang tua dan Allah SWT. Ingat juga, niatkan mendapatkan IP 4 bukan untuk sombong atau pamer, Namun niatkan untuk mendapat Ridho-Nya. InsyaAllah jalan selalu ada untuk kita yang mau berusaha dan berdoa.
Ria chan







Share Share Tweet Share

0 thoughts on " APA KABAR IP???"

LEAVE A REPLY